sebuah pelajaran :')

hanya share apa yang aku lihat tadi, mungkin bagi mereka itu hal yang wajar. tapi tidak untukku ...


tadi saat aku pulang dari rumah teman, aku naik angkutan umum sendiri. di salah satu jalan yang ku lewati, saat itu sedang lampu merah. aku dan beberapa orang disana melihat 'pemandangan' yang tak sepantasnya ditunjukan di tempat umum.
saat itu, entah karena alasan apa, seorang ibu tega memarahi anaknya. ia tak segan-segan memarahi anaknya di depan umum, bahkan sempat memukul. aku kaget melihatnya, begitu teganya seorang ibu berlaku demikian. yang aku tau mereka hidup di jalanan, mengharap rezeki dari orang-orang yang lewat untuk mengulurkan tangan dan memberikan uang.
aku pun tak tau apakah dia anak kandung ibu itu atau bukan. jika dilihat dari wajahnya, wajahnya terlalu muda untuk menjadi seorang ibu. namun, entahlah ... aku pun tak tau.
aku yang kebetulan berada dalam angkutan umum, menunggu lampu hijau nyala kembali memperhatikan tingkah mereka, aku hanya bisa melihatnya dengan prihatin tanpa bisa berbuat apa-apa, begitu pula dengan orang-orang di sekelilingku. lantas apa yang terjadi dengan anak itu? menangis? ya, tentu saja. anak yang aku perkirakan berumur 6 tahun itu menangis meraung dengan sangat keras. beberapa orang yang berada di sekitarnya, yang ku perkirakan sebagai 'komplotannya' pun hanya terdiam memandang mereka.

apa yang dapat kita pelajari dari yang saya lihat?
ternyata masih banyak orang yang hidupnya lebih susah dari pada kita. jika kita melihat kebawah, banyak orang yang masih berada dibawah garis kemiskinan. seorang anak dengan umur demikian kecilnya harus bersusah payah bekerja mencari uang demi hidupnya. ingat! bandingkan dengan diri kita saat umur 6 tahun. di saat umur segitu, kita sedang merasakan bagaimana masa-masa pertama kali menginjakan kaki ke sekolah dasar, menikmati bermain-main dengan teman-teman. betapa lebih beruntungnya diri kita.
bagaimana dengan anak tadi? saat kita sedang belajar dan serius memperhatikan guru, mungkin saja anak tadi sedang berada di pinggir jalan atau berada di tengah jalan, meminta-minta pada pengendara yang berhenti karena lampu merah. dan jika mereka tidak mendapatkan uang, mungkin mereka akan dimarahi oleh orang tuanya.

ingatkah kita selalu bersyukur atas apa yang kita miliki? :')

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.